Pontianak Food Festival 2017 Pecahkan Rekor Muri Dengan Penggoreng Pisang Terbanyak

Pontianak Food Festival - Banyak sekali pemecahan rekor MURI yang ada di Indonesia, mulai dari bidang budaya, ekonomi hingga kuliner.

Nah, beberapa waktu yang lalu ada pemecahan rekor MURI yang terkait dengan bidang kuliner. Pemecahan rekor yang satu ini terbilang cukup unik karna memadukan antara makanan khas dengan peserta yang amat banyak.

Pontianak Food Festival 2017 Pecahkan Rekor Muri Dengan Penggoreng Pisang Terbanyak

Adapun rekor yang dipecahkan adalah penggoreng pisang terbanyak di Indonesia, dengan menghadirkan 131 penggoreng pisang yang menghasilkan 2017 buah pisang goreng.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka meramaikan pagelaran Pontianak Food Festival 2017 yang diadakan di Kota Pontianak, Kalimantan Barat.

Pontianak Food Festival merupakan salah satu even kuliner terbesar dengan menyuguhkan sejumlah masakan khas dari kalimantan Barat yang berasal dari 3 suku besar yaitu Dayak, Melayu dan Tionghua.

Pontianak Food Festival 2017 Pecahkan Rekor Muri Dengan Penggoreng Pisang Terbanyak

Wali Kota Pontianak Sutarmidji mengatakan, rekor ini merupakan kelima kalinya dari rekor-rekor yang berhasil dipecahkan Kota Pontianak dan dibukukan MURI. Ke depan, pihaknya dengan dukungan beberapa pihak akan memecahkan rekor-rekor lainnya.

Menurut dia, rekor baru yang berhasil dibukukan Pontianak sebagai penggoreng pisang terbanyak sudah pantas. Pasalnya, Pisang Nipah atau kerap disebut pisang kepuk ini sudah cukup terkenal di luar Pontianak dan Kalbar.

“Bukan hanya di dalam negeri saja bahkan hingga mancanegara. Di Jakarta, cukup banyak yang membuka gerai Pisang Goreng Pontianak,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan oleh ketua panitia Pontianak Food Festival 2017, Edi menjelaskan bahwa akan melakukan hal serupa juga namun dengan mengangkat kuliner khas Kalimantan Barat lainnya.

"Apa yang kita lakukan ini dalam mendukung sektor pariwisata sebagaimana arahan dan program pemerintah. Kami panitia yang dari PHRI dan didukung pihak lainnya tentu akan bergerak memajukan pariwisata sesuai kapasitas yakni di bidang kuliner," terangnya.

Senior Manajer MURI, Awan Rahargo, menjelaskan, pemecahan rekor ini merupakan peristiwa superlatif sebab melibatkan peserta terbanyak. Hal itu merupakan satu dari beberapa kriteria MURI, selain unik dan langka.

“Hari ini dalam rangka mengangkat kuliner ikonik khas Pontianak, selain jeruk Pontianak, pisang goreng Pontianak ini digoreng oleh peserta terbanyak dan dicatat dalam rekor MURI,” ucapnya.

Penyerahan penghargaan MURI ini dilakukan di halaman parkir A Yani Mega Mall Pontianak tempat berlangsungnya pagelaran Pontianak Food Festival 2017.

Komentar